Profil

PROFIL

Rumah Sakit Khusus Paru Kab. Karawang berlokasi di Jl. Raya Jatisari No. 3 Jatisari – Karawang  dan memiliki status sebagai Rumah Sakit kelas C. RS. Khusus Paru Kab. Karawang berkedudukan sebagai rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Karawang yang merupakan unsur pendukung tugas Kepala Dinas Kesehatan di bidang pelayanan kesehatan khususnya paru dan kedokteran respirasi yang dipimpin oleh seorang Direktur yang berkedudukan di bawah dan  bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang.

RS. Khusus Paru Kab. Karawang mempunyai tugas pokok membantu penyelenggaraan di bidang kesehatan paru dan kedokteran respirasi paripurna secara berdaya guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan secara serasi, terpadu dengan upaya pencegahan, serta pelayanan rujukan dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada pemerintah daerah.

TENTANG KAMI

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Karawang yang menjadi unsur pendukung tugas Dinas Kesehatan di bidang pelayanan Kesehatan khususmua paru dan kedokteran respirasi. Rumah Sakit Khusus Paru Kab. Karawang berlokasi di Jl. Raya Jatisari No. 3 Jatisari Karawang, dan memiliki status sebagai rumah sakit kelas C.

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang mempunyai tugas pokok membantu penyelenggaraan di bidang kesehatan paru dan kedokteran respirasi paripurna secara berdaya guna dengan mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan secara serasi, terpadu dengan upaya pencegahan, serta pelayanan rujukan dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada pemerintah daerah.

Kenapa Rumah Sakit Khusus Paru harus lahir?

Rumah Sakit dengan segmentasi khusus paru-paru sangat penting. Hal ini dikarenakan penyakit pernapasan masih banyak kita temui di masyarakat seperti ISPA dan TBC. Di Karawang saja, tercatat sekitar 3.300 penderita ISPA pada tahun 2017. Karena itu, Rumah Sakit Paru Kabupaten Karawang diharapkan dapat menjadi rujukan dalam penanganan kasus khususnya penyakit pernapasan dan paru-paru.

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang dibangun dengan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) sejak tahun 2012. Dan dibangun dengan konsep green architecture yang mendukung pemulihan pasien, seperti taman refleksi. Ruangan infeksius dan non infeksius juga terpisah, sehingga meminimalisir adanya penularan antar pasien.

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang juga didesain sebagai rumah sakit ramah anak. Dimana Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang menyediakan taman bermain anak yang lokasinya terbebas dari pasien-pasien infeksius.

Apakah hanya paru-paru saja pelayanan di Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang?

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang saat ini sudah membuka layanan Kesehatan lainnya selain paru. Seperti layanan poli anak dan tumbuh kembang anak, layanan poli bedah, layanan poli rehabilitasi medik, layanan poli onkologi, ,layanan  Poli Penyakit dalam, Layanan Poli paru dan Klinik Berhenti merokok, Layanan Poli TB, Layanan Poli Alternative, layanan Poli DOTs, layanan Poli PPOK, dan layanan poli khusus covid. Poli-poli tersebut dibagi menjadi dua zona (infeksius dan non infeksius). Sehingga sebelum pasien diarahkan ke poli, selalu ada screening untuk memastikan ke dalam zona mana pasien tersebut akan dilayani.

Kenapa harus memilih Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang?

  1. Lokasi Strategis

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang terletak di lokasi yang strategis dan menjadi rumah sakit khusus paru-paru pertama di jalur pintura. Sehingga menjadi rujukan yang strategis bagi wilayah Karawang, Purwakarta, Subang, dan Indramayu.

  1. Bangunan modern

Dibangun diatas tanah seluas 2,2 hektare. Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang dibangun dengan konsep green architecture dengan bangunan kokoh yang modern.

  1. Peralatan canggih

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang dilengkapi dengan peralatan-peralatan terbaru dan canggih. Sehingga mendukung proses perawatan pasien.

  1. Tenaga Medis Profesional

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang didukung oleh tenaga medis baik dokter dan perawat yang profesional dan telah memiliki sertifikat pelatihan.

  1. Ramah Anak

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang terbagi menjadi beberapa zona yakni zona infeksius dan non infeksius. Sehingga meminimalisir penularan penyakit. Selain itu Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang merupakan rumah sakit ramah anak dimana terdapat tempat bermain anak yang dilengkapi dengan permainan guna meningkatkan tumbuh kembang anak di lokasi yang aman sehingga mencegah penularan penyakit.

  1. Memiliki layanan lain selain paru

Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang memiliki layanan lain selain paru-paru, seperti layanan poli anak, rehab medik, onkologi, bedah, dll.

VISI & MISI

V

Menjadi Pusat Layanan Kesehatan Paru Unggulan di Wilayah PURWASUKASI Tahun 2016 sampai 2021

M

  1. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan paru dan kedokteran respirasi secara paripurna;
  2. Pengadaan fasilitas, saran prasarana dan teknologi terkini yang mendukung penyelenggaran pelayanan kesehatan paru dan kedokteran respirasi;
  3. Pembangunan SDM yang berkualitas, kompeten dan profesional dalam memberikan pelayanan kesehatan paru dan kedokteran respirasi sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan;
  4. Penyelenggaraan tata kelola pelayanan sesuai dengan standar pelayanan, prosedur, pedoman dan panduan yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien; dan
  5. Penyelenggaraan tata kelola administrasi dan keuangan yang profesional, transparan dan akuntabel dalam mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan paru dan kedokteran respirasi sebagai core bussines RS. Khusus Paru.

JANJI LAYANAN

Konten Janji Layanan Disini

STRUKTUR ORGANISASI

Susunan Organisasi Rumah Sakit Khusus Paru Kabupaten Karawang adalah sebagai berikut :

DIREKSI

dr Hj. Annisah,M.Epid
Direktur
dr Rusmiati
Kasie Keperawatan dan Plt. Kasie Pelayanan Medis
Adam Wahyudi, SKM
Ka. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Dian Handayani, SE
Ka. Sub Bagian Keuangan
Hj. Lia Nuramalia, SKM
Ka. Sub Bagian Perencanaan & Anggaran